Iklan Tengah Artikel 2

KANDUNGAN GIZI IKAN BETUTU

Kandungan Gizi Ikan Betutu - Ikan betutu adalah ikan yang mempunyai nilai hemat yang tinggi bukan hanya dikonsumsi lokal melainkan juga adalah komoditas ekspor. Harga ikan betutu ditingkat eksportir berkisar 120.000-190.000/kg, buat berukuran 300-400 g/ekor. 

Bisnis ikan betutu hingga ketika ini sebagian akbar masih tergantung berdasarkan penangkapan di alam.

Secara teknis ikan betutu memang masih sulit buat dibudidayakan. Namun melalui serangkaian uji coba yg dilakukan oleh para ahli, ikan betutu telah dapat dipijahkan baik secara alami juga menggunakan menggunakan rangsangan hormone. 

Kendala primer pada budidaya ikan betutu merupakan lamanya pertumbuhan ikan tadi. Untuk mencapai berukuran siap dibesarkan (50-100 g/ekor) membutuhkan saat kurang lebih 8-13 bulan sedangkan buat mencapai ukuran konsumsi (1-dua ekor/kg) membutuhkan waktu lebih kurang 2,lima tahun. 

Salah satu faktor yg menentukan dalam keberhasilan budidaya perikanan merupakan kualitas benih & pakan yg baik. Pakan tadi harus memenuhi syarat kualitas & kuantitas yg baik. 

Lantaran dengan hadiah pakan yg berkualitas baik maka akan didapatkan pertumbuhan yang baik juga. Kualitas menurut pakan yg baik merupakan kandungan gizi yg tinggi, seperti protein yang diperlukan oleh benih ikan.

Kandungan Gizi Ikan Betutu

Kandungan Gizi Ikan Betutu
IKAN BETUTU
Salah satu pakan alami yg disenangi benih betutu merupakan cacing tubifex. Cacing tubifex adalah jenis pakan alami yang baik bagi pertumbuhan benih ikan. Cacing ini mempunyai kandungan protein yang tinggi yaitu sekitar 58,20%. 

Cacing tubifex ukuran panjang 1–2 cm, sebagai akibatnya dapat diberikan pada benih betutu yg ukuran 3–lima centimeter, lantaran sesuai dengan bukaan ekspresi benih betutu yang berukuran 2 mm.

Jenis ikan air tawar satu ini memang telah sangat sulit di jumpai baik pada sungai tempat daerah asal hidupnya maupun pada pasar–pasar dan harganya lumayan mahal itupun umumnya hanya terdapat pada pasar-pasar tradisional yg tidak jauh dari loka daerah asal ikan betutu tadi. 

Walaupun sebenarnya ikan betutu ini adalah ikan komoditi ekspor yang sangat tinggi peminatnya maka tak jarang ikan ini hanya tersedia di restoran–restoran yang mahal. Langkanya ikan betutu ini mungkin ditimbulkan sang prilaku manusia yg sangat hobi merusak dan mencemari loka hayati ikan betutu ini. 

Dulu pada kampung-kampung masih terdapat banyak sekali pedagang yg menjual ikan betutu ini namun kini   sudah sangat jarang kita temui. Permintaan yang banyak menjadi susahnya menemukan ikan betutu.

Mungkin salah  satu penyebabnya merupakan konduite masyarakat yang senang menangkap ikan menggunakan cara meracuni sungai dengan obat buat menangkap ikan homogen obat kimia buat hama atau sejenis insectisida. 

Dan dampaknya sangat berbahaya sekali buat ekosistem perairan sebab banyak ikan yg mabuk dan meninggal. Dan yg paling mengerikan lagi yang mati nir hanya ikan–ikan besar tetapi ikan–ikan mini   & hampir seluruh jenis hewan air yang hidup di sungai tadi ikut mangkat . 

Ini kentara sangat Mengganggu ekosistem sungai bahkan biota air yang lain ikut punah. Dan apa bila insan mengkonsumsi ikan yg terkontaminasi racun maka akan membahayakan kesehatan dalam manusia mampu–sanggup yg memakannya pula mampu ikut terkena racun. 

Maka berdasarkan itu memang penting sekali pencerahan rakyat agar kita lebih bijak pada mengambil sebuah tindakan agar dapat terus menjaga kelestarian alam/lingkungan.

Betutu (Oxyeleotris marmorata) merupakan nama sejenis ikan air tawar meskipun agak sporadis yg berukuran akbar ikan yang menyebar pada Asia Tenggara hingga Kepulauan Nusantara ini digemari pemancing karena tarikannya yang bertenaga dan datang-tiba. 

Nama-nama lainnya pada pelbagai daerah di Indonesia merupakan bakut, bakutut, belosoh (nama generik), boso, boboso, bodobodo, ikan terbelakang, gabus ndeso, ketutuk, ikan malas, ikan hantu & lain-lain. 

Dalam bahasa Inggris diklaim marble goby atau marble sleeper merujuk dalam pola-pola rona pada tubuhnya yg serupa batu alam kemerahan.

Ikan betutu jua dianggap mengandung khasiat tertentu bagi kaum perempuan   dan bagi kaum laki-laki . 

Bagi kaum wanita ikan betutu dipercaya bisa menciptakan awet muda dan dapat menambah kehalusan kulit karena poly mengandung vitamin B1, B2, B6 vitamin F, & vitamin E sehingga bisa Mengganggu proses penuaan. 

Bagi kaum laki-laki  ikan betutu dianggap banyak mengandung enzim & hormon eksklusif sebagai akibatnya dapat menambah keperkasaan menjadi laki-laki . Dan tentu masih banyak lagi khasiat dan manfaat ikan betutu yang belum di ketahui sang masyarakat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KANDUNGAN GIZI IKAN BETUTU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel