Iklan Tengah Artikel 2

TANAMAN UNTUK HAMA DAN PENYAKIT IKAN

Tanaman Untuk Hama Dan Penyakit Ikan - Pengelolaan perikanan khusunya perikanan budidaya terletak pada bagaimana kita bisa secara baik dapat menjaga kualitas air agar tetap stabil, Mengurangi tingkat Kematian dan bisa mempercepat Pertumbuhan ikan agar bisa cepat di panen. 

Selama ini Kematian Ikan di sebabkan oleh kualitas air yang jelek dan adanya penyakit dan hama yang menyerang ikan.

Berbicara tentang Kualitas air, kita bisa melalukam dengan Misalnya, mengelola air dengan membuang air sekitar sepertiga volume air setiap hari  dan usahakan air tidak kemasukan limbah dari luar seperti sabun dan limbah rumah tangga karena akan membuat kualitas air akan cepat rusak dan membunuh ikan. 

dan menjaga masuknya polutan juga akan mencegah timbulnya masalah kualitas air.

Untuk mempercepat pertumbuhan bisa di lakukan dengan Memberikan pakan tepat dosis, Atur juga bagaimana mengatur kepadatan tebar serta bisa mengelola  pengurangan tentang bagaimana ikan terhindar dari penyakit


Cara lain untuk meningkatkan kualitas air bisa di lakukan dengan penggunaan tanama men. Istilahnya perikanan herbal, perikanan yang menggunakan bahan bahan alami. Selain bahannya gampang di cari juga harga nya tidak membebani para pembudidaya.

Manfaat dari penggunaan tanaman di karenakan Kandungan kimia yang terkandung di  selain untuk memperbaiki kualitas air, juga bisa berfungsi untuk meningkatkan imunitas ikan atau daya tahan tubuh ikan, bisa juga mengobati penyakit pada ikan dan membunuh parasit parasit dan virus didalam kolam atau bisa memsterilkan air pada kolam baru di buat atau lama.

Tanaman herbal yang bisa di kelola sebagai bahan pestisida pada ikan dapat membantu masyarakat pembudidaya ikan untuk mengembangkan pengendalian dalam pengelolaan kualitas air pada budidaya ikan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya setempat yang terdapat dilingkungannya.

Tanaman Untuk Hama Dan Penyakit Ikan

A. Tanaman untuk Meningkatkan Kualitas Air

Ada berapa tanaman yang bisa di gunakan untuk meningkat parameter kualitas air. Berbagai teknik dan cara sering dilakukan para pembudidaya ikan untuk meningkatkan kualitas air, seperti memupuk. 

Tanaman Untuk Hama Dan Penyakit Ikan
Dengan teknik pakan alami seperti itu maka fitoplankton dan zoopflankton akan tumbuh subur. 

Beberapa Jenis tanaman yg bisa di gunakan atau dipakai dalam peningkatan Parameter kualitas air adalah sebagai berikut :

1. Tanaman Lempesan (Scutellaria discolor)

a. Kandungan Kimia : daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri

b. Bagian yang Digunakan : daun dan batang

c.
Cara Penggunaan

Untuk mencegah penyakit pada ikan menggunakan tumbuhan lampesan maka Bagian yang penting untuk meningkatkan kualitas air adalah kulit batang.  Kulit Batang inilah yng akan mengundang banyak zooplankton karena adanya pakan.


Cara pertama adalah potong tanaman ini sebanyak 30 Kg untuk kolam seluas 50 m2, jadi Misalnya Luas Kolam 2 x 5 atau 10 meter persegi maka penggunaan tumbuhan lampesan sebanyak 6 Kg


Setelah di potong lalu kulit batang tumbuhan lampesan dijemur selama 6 jam di terik matahari hingga layu. 


Setelah itu, masukan batang Lampesan ke kolam selama 2-3 hari. Biarkan saja kulit batang lampesan di dalam air karena dengan sendiri batang tersebut akan semakin mengecil


Batang kulit lampesan akan hancur sampai tersisa bagian kayu yang keras. Air kolam  akan berubah menjadi berwarna kehijau hijauan dan menumbuhkan fitoplankton sebagai makanan zooplankton.


Penggunaan Lampesan juga bisa mengurangi Tingkat Derajat keasaman air yang terlalu tinggi. Dimana asam yang tinggi akan berakibat buruk pada budidaya ikan khusunya  pertumbuhan ikan, seperti nafsu makan ikan kurang.  


2. Tetean (Durante repens)

Daun Tetean Berfungsi memperbaiki kualitas air 


a. Kandungan Kimia : daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol dan minyak asiri.


b. Bagian yang digunakan : batang dan daun


c. Cara penggunaannya ;


Pertama caranya, potong batang dan daunnya sebanyak 20 kg untuk kolam seluas 100m2.
Lantas batang dan daun yang telah terpotong di lakukan Perendaman dilakukan selama 5 hari.


Tanaman jenis ini selain menjaga kualitas air juga berfungsi dapat mengobati ikan stres dengan cara ambil 20 kg tetean untuk luas dasar kolam berukuran 24 m2.


Untuk Penanganan Stress Ikan, perendaman cukup di lakukan selama 2 hari yang ditandai air berwarna kehijau-hijauan

penebaran Bibit dilakukan setelah bibit di rendam dengaan tanaman tetean. Bibit ikan direndam selama 4 jam, kemudian dapat ditebar kekolam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TANAMAN UNTUK HAMA DAN PENYAKIT IKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel