Iklan Tengah Artikel 2

NAMA LATIN IKAN MAS

NAMA LATIN IKAN MAS - Salah satu ikan hias yang menjadi primadona masyarakat indonesia adalah jenis Ikan Mas. Ikan Ini Sudah Ada Dari Zaman Kerajaan dan menjadi Hiasan di Kolam Kolam kerajaan. Ikan Mas yang mempunyai Nama Latin Cyprinus carpio

NAMA LATIN IKAN MAS

ikan mas
ikan mas

Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia.

Di Indonesia, ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. 

Baca Juga ; Mengenal Ikan Karper

Selain itu "ikan mas punten" dan "ikan mas majalaya" merupakan hasil seleksi di Indonesia. Sampai saat ini sudah terdapat 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Nama Lain Ikan Mas Di Indonesia

Di Indonesia, ikan mas memiliki beberapa nama sebutan yakni

- kancra

- tikeu

- tombro

- raja

- rayo

- ameh

atau nama lain sesuai dengan daerah penyebarannya.

Nama Lain Ikan Mas dalam Bahasa asing

- Bahasa Inggris: carp

- Bahasa Spanyol: carpa

Baca Juga ; Cara Imunostimulan Ikan Mas Dengan Jintan Hitam

Morfologi Ikan Mas

Dalam bahasa latin, ikan mas disebut dengan Cyprinus carpio. Tubuh ikan mas dilengkapi dengan sirip punggung (dorsal) berukuran relatif panjang dengan bagian belakang berjari-jari keras dan sirip terakhir yaitu sirip ketiga dan keempat berbentuk gerigi.

Sirip perut dan sirip punggung letaknya berseberangan. Sirip pada dada terletak di belakang tutup insang (overculum). Sirip pada ikan karpen/mas ukurannya relatif lebih besar dan digolongkan ke dalam tipe sisik sikloid linea lateralis. Letaknya di pertengahan tubuh, melintang dari tutup insang hingga ujung pangkal ekor.

Gigi kerongkongan (Pharynreal teeth)pada ikan mas terdiri dari dari tiap baris yang berbentuk gigi geraham.

Ikan mas digolongkan kedalam ikan pemakan segala (omnivora). ketika makan, ikan mas memiliki kebiasaan mengaduk-ngaduk dasar kolam untuk mencari jasad-jasad organik.

Karena kebiasaan unik ini, ikan mas sering disebut sebagai bottom feeder (pemakan dasar). Di habitat aslinya, ikan mas hidup menepi sembari mengincar makanan berupa binatang-binatang kecil yang hidup dilapisan tepi danau atau sungai.
Ikan mas memiliki telur yang bersifat merekat/menempel  atau adhesif. Dalam proses pemijahan biasanya ikan mas akan mencari tempat yang rimbun dengan tumbuhan air dan rerumputan yang menutupi permukaan perairan.

Ikan mas berkembang biak dengan cara ovivar yaitu perkembangbiakan seksual yang ditandai dengan pelepasan sel telur jantan dan betina, dimana spermatozoa di luar tubuh dan pembuahan terjadi di luar tubuh.

Baca Juga ; Habitat Ikan Mas

Fisiologi Ikan Mas

Ikan mas sangat menyukai tempat di perairan tawar yang dangkal dan tidak terlalu deras, misalnya di pinggiran sungai dan danau. Pertumbuhan ikan mas dapat berlangsung dengan baik pada ketinggian 150-600 mdpl dengan suhu 25-30 derajat celcius.

Walaupun termasuk ikan air tawar, ikan ini terkadang ditemukan di perairan payau dengan tingkat salinitas 25-30%.

Baca Juga ; Pakan Alami Ikan Mas

Klasifikasi Ikan Mas

Klasifikasi pada makhluk hidup merupakan pengelompokan makhluk hidup berdasarkan sifat dan ciri-cirinya. Ikan mas mempunyai klasifikasi sebagai berikut:

- Phyllum : Chordata

- Subphyllum : Vertebrata

- Superclass : Pisces

- Class : Osteichthyes

- Subclass : Actinopterygii

- Ordo : Cypriniformes

- Subordo : Cyprinoidea

- Family : Cypridae

- Subfamily : Cyprinidae

- Genus : Cyprinus

- Species : Cyprinus carpio

Baca Juga ; Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Mas Secara Lengkap

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "NAMA LATIN IKAN MAS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel